Menu

TUGAS POKOK DAN FUNGSI KECAMATAN MINGGIR

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman No. 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Sleman No. 107 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, Serta Tata Kerja Kecamatan sebagai berikut:

  1. Kecamatan Minggir merupakan wilayah kerja Camat sebagai perangkat daerah yang dipimpin oleh Camat yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
  2. Camat Minggir mempunyai tugas melaksanakan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan umum, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat serta melaksanakan sebagian usuran pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati.
  3. Dalam melaksanakan tugas, Camat Minggir mempunyai fungsi:
  4. penyusunan rencana kerja Kecamatan;
  5. perumusan kebijakan teknis pelaksanaan urusan pemerintahan umum, pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, dan pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati;
  6. pelaksanaan urusan pemerintahan umum;
  7. pembinaan dan pengawasan pelaksanaan kegiatan desa;
  8. pengoordinasian pelaksanaan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh perangkat daerah di tingkat kecamatan;
  9. pengoordinasian upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;
  10. pengoordinasian penerapan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati;
  11. pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat lingkup perekonomian dan pembangunan;
  12. pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;
  13. pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  14. pelaksanaan dan pembinaan pelayanan umum;
  15. pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan lingkup pelayanan umum yang ilimpahkan Bupati; dan
  16. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan urusan umum, urusan kepegawain, keuangan, kepegawaian, urusan keuangan, urusan perencanaan, dan evaluasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas satuan organisasi.

Sekretariat dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan rencana kerja sekretariat dan kecamatan
  2. Perumusan kebijakan tehnis kesekretariatan.
  3. Penyelenggaraan urusan umum.
  4. Penyelenggaraan urusan kepegawaian.
  5. Penyelenggaraan urusan keuangan.
  6. Penyelenggaraan urusan perencanaan dan evaluasi.
  7. Pengoordinasian pelaksanaan tugas satuan organisasi lingkup kecamatan, dan
  8. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja sekretariat dan kecamatan.

 

Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyiapkan bahan pelaksanaan  urusan  umum dan urusan kepegawaian.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dalam melksanakan tugas mempunyai  fungsi:

  1. Penyusunan rencana kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  2. Perumusan kebijakan tehnis pelaksanaan urusan umum dan urusan kepegawaian.
  3. Pengelolaan persuratan dan kearsipan.
  4. Pengelolaan perlengkapan, kemanan dan kebersihan
  5. Pengelolaan dokumentasi dan informasi
  6. Penyusunan perencanaan kebutuhan, pengembangan dan pembinaan pegawai.
  7. Pelayanan administrasi pegawai dan pengelolaan tata usaha kepegawaian dan
  8. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Subbagian Umum dan Kepegawaian

 

Subbagian Keuangan, Perencanaan, dan Evaluasi mempunyai tugas menyiapkan bahan pelaksanaan urusan keuangan, urusan perencanaan dan evaluasi.

Sub Bagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Subbagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi;
  2. perumusan kebijakan teknis pelaksanaan urusan keuangan, urusan perencanaan dan evaluasi;
  3. pengoordinasian penyusunan rencana kerja Sekretariat dan rencana kerja Kecamatan;
  4. pelaksanaan perbendaharaan, pembukuan, dan pelaporan keuangan;
  5. pengoordinasian evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kerja Sekretariat dan pelaksanaan kerja Kecamatan; dan
  6. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Subbagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi.

 

Seksi Pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerinthan umum, membina dan mengawasi pelaksanaan pembinaan desa, mengoordinasikan pelaksanaan kegitan pemerintahan, serta melaksanakan sebagian urusan pemerintahan lingkup pemerintahan yang dilimpahkan Bupati.

Seksi Pemerintahan dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Pemerintahan;
  2. perumusan kebijakan teknis pelaksanaan urusan pemerintahan umum, dan pembinaan dan pengawasan kegiatan desa;
  3. pelaksanaan urusan pemerintahan umum;
  4. pembinaan dan pengawasan pelaksanaan kegiatan desa;
  5. pengoordinasian pelaksanaan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh perangkat daerah di tingkat kecamatan;
  6. pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan lingkup pemerintahan yang dilimpahkan Bupati; dan
  7. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Seksi Pemerintahan.

 

Seksi Ketentraman dan Ketertiban mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum, mengoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati dan melaksanakan sebagian urusan pemerintahan lingkup ketenteraman dan ketertiban yang dilimpahkan Bupati.

.

Seksi Ketenteraman dan Ketertiban dalam melaksanakan tugas mem punyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Ketenteraman dan Ketertiban;
  2. perumusan kebijakan teknis pengoordinasian upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum serta pengoordinasian penerapan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati;
  3. pengoordinasian upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;
  4. pengoordinasian penerapan dan penegakan peraturan daerah dan peraturan bupati;
  5. pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan lingkup ketenteraman dan ketertiban yang dilimpahkan Bupati; dan
  6. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Seksi Ketenteraman dan Ketertiban.

Seksi Perekonomian dan Pembangunan mempunyai tugas mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat lingkup perekonomian dan pembangunan, mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum dan melaksanakan sebagian urusan pemerintahan lingkup perekonomian dan pembangunan yang dilimpahkan Bupati.

Seksi Perekonomian dan Pembangunan dalam melaksanakan tugas berfungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Perekonomian dan Pembangunan;
  2. perumusan kebijakan teknis pengoordinasian pemberdayaan masyarakat lingkup perekonomian dan pembangunan serta pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;
  3. pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat lingkup perekonomian dan pembangunan;
  4. pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;
  5. pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan lingkup perekonomian dan pembangunan yang dilimpahkan Bupati; dan
  6. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Seksi Perekonomian dan Pembangunan.

 

Seksi Kesejahteraan Masyarakat melaksanakan pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat lingkup kesejahteraan masyarakat dan melaksanakan sebagian urusan pemerintahan lingkup kesejahteraan masyarakat yang dilimpahkan Bupati.

Seksi Kesejahteraan Masyarakat dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Kesejahteraan Masyarakat;
  2. perumusan kebijakan teknis pemberdayaan masyarakat lingkup kesejahteraan masyarakat;
  3. pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat lingkup kesejahteraan masyarakat;
  4. pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan lingkup kesejahteraan masyarakat yang dilimpahkan Bupati; dan
  5. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Seksi Kesejahteraan Masyarakat.

 

Seksi Pelayanan Umum melaksanakan pelayanan umum dan melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang dilimpahkan Bupati.

Seksi Pelayanan Umum dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. penyusunan rencana kerja Seksi Pelayanan Umum;
  2. perumusan kebijakan teknis pelaksanaan dan pembinaan pelayanan umum;
  3. pelaksanaan dan pembinaan pelayanan umum;
  4. pelaksanaan sebagian urusan pemerintahan lingkup pelayanan umum yang dilimpah kan Bupati; dan
  5. evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kerja Seksi Pelayanan Umum.

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas kecamatan sesuai dengan keahlian. Jenis dan jumlah jabatan fungsional sesuai dengan kebutuhan.